Diseminasi diselenggarakan selama satu hari bertempat di Aula Gedung C Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Lampung dan dibuka secara resmi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Ibu Sally Salamah.reviu pbj bpkp lampung

Acara ini dihadiri oleh Inspektur Provinsi/Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung atau yang mewakilinya, serta para staff BPKAD dan Inspektorat Daerah se-Provinsi Lampung.

Narasumber kegiatan diseminasi ini yaitu Muhammad Aziz Fadillah serta Indah Labibah, Pejabat Fungsional Auditor di Bidang APD Perwakilan BPKP Provinsi Lampung.



Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung menyampaikan 3 hal yaitu:

  1. Dalam pelaksanaan Reviu Penyerapan Anggaran, PBJ dan Penggunaan Dana Desa Triwulan IV Tahun 2017 terdapat perbedaan dari reviu sebelumnya terkait Kualitas Belanja atas APBD, yaitu belanja yang dialokasikan berdasarkan prioritas pembangunan daerah yang dilakukan secara efisien dan efektif, tepat waktu, transparan dan akuntabel. Dengan demikian, kualitas belanja meliputi keseluruhan siklus belanja mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan efektifitas dari adanya belanja tersebut.
  2. Kepatuhan atas Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri juga harus diperhatikan. Para peserta diseminasi diharapkan menginformasikan dalam aplikasi Reviu Penyerapan Anggaran tentang sudah dibentuknya tim P3DN dan Jumlah serta paket yang mensyaratkan TKDN dalam Rencana Umum Pengadaan (RUP) serta mencantumkan nilai TKDN dalam dokumen kontrak/ dokumen pengadaan.
  3. Terkait Identifikasi Permasalahan dan Perumusan Solusi yaitu terhadap ruang lingkup reviu yang kondisinya tidak sesuai kriteria, APIP K/L/D melakukan identifkasi permasalahan dan perumusan solusi menggunakan metode Root Cause Analysis (RCA). Root Cause Analysis/Analisa Akar Masalah merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mencari penyebab hakiki dari masalah yang terjadi.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Pelaksanaan Reviu Penyerapan Anggaran dan PBJ serta Penggunaan Dana Desa Triwulan IV Tahun 2017 dan Rapat Koordinasi Peningkatan Kapabilitas APIP dan Maturitas SPIP.

(Humas Lampung – J)

Tinggalin Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here